Kamis, 05 Februari 2015

Berani Bermimpi Meraih Cita-cita



Saya biasa dipanggil Fitri, dan Nur Baiti Fitriana adalah nama lengkapku. Asli orang Jakarta, lulusan SMK Negeri 1 Kota Bekasi tahun 2013, Jurusan Busana Butik. Saya adalah anak ketiga dari enam bersaudara.
Sejak SMP saya disarankan orangtua untuk masuk SMK agar setelah lulus bisa langsung bekerja dan melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri. Karena adik-adik masih ada tiga orang dan membutuhkan banyak biaya untuk melanjutkan sekolahnya, akhirnya saya bertekad untuk tidak akan merepotkan orangtua lagi. Sebelum dan setelah lulus SMK, saya pernah mengikuti beasiswa Bidik Misi dari Kemendiknas, tapi ternyata belum rezeki untuk masuk PTN.
Terbayang, bagaimana mahalnya biaya kuliah, ayah yang hanya bekerja sebagai pegawai swasta di bidang distribusi dan ibu yang hanya seorang ibu rumah tangga tidaklah sanggup untuk membiayai pendidikan lebih tinggi. Setelah menunggu hampir satu tahun, pada suatu hari saya mendapat informasi melalui media sosial bahwa Sekolah Tinggi Terpadu Nurul Fikri menyediakan Beastudi Terpadu bagi lulusan SLTA yang ingin mewujudkan mimpinya kuliah. Aku yakin ini adalah jawaban atas doa selama ini.
Alhamdulillah, akhirnya saya kuliah di STT Terpadu Nurul Fikri. Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, dan sangat berterimakasih kepada pihak kampus yang telah memberikan beastudi. Meski masih berada di semester pertama, saya mendapat motivasi, dukungan dan penyaluran semangat untuk menatap masa depan. Dengan kuliah di STT-NF saya bisa mendapatkan ilmu tentang Teknologi Informasi, komputer, maupun dunia luar yang terus berkembang dan membuka peluang luas. Disamping kuliah, kampus STT-NF juga menyediakan ektrakurikuler untuk lebih mengasah kemampuan mahasiswa.
Pendidikan softskill di STT-NF sangat mendukung kemajuan mahasiswa. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan yang bernama Quantum Organizing Training (QOT), seminar beberapa bulan sekali, dan mentoring. Kini dengan bekal yang terus dikumpulkan, saya semakin optimis untuk meraih cita-cita.
Beastudi yang saya terima dari STT-NF tidak hanya sekedar membantu biaya kuliah, tetapi lebih dari itu. Beastudi ini telah mengubah pola pikir, tujuan hidup, dan kepercayaan diri menjadi lebih baik.
Sebelum menempuh kuliah, saya adalah agak pemalu dan minder. Tetapi, setelah beberapa bulan kuliah akhirnya saya berhasil menemukan kepercayaan diri. Hal yang patut disyukuri. Di STT-NF saya telah bertemu dengan banyak tokoh penting, sehingga memberi motivasi dahsyat untuk mengarungi hidup.
Selain kuliah, saya juga aktif di organisasi SMK. Ikatan Alumni Rohis Adz-Dzikru (IKRAR), dan Ikatan Alumni Anggota Dewan Perpustakaan (ADP). IKRAR adalah sebuah forum berkumpulnya para alumni-alumni SMK Negeri 1 Kota Bekasi yang pernah masuk di Rohis Adz-Dzikru. Di Rohis saya sempat menjadi Ketua Koordinator Keputrian. ADP adalah sebuah forum berkumpulnya para alumni SMK Negeri 1 Kota Bekasi yang pernah masuk sebagai anggota perpustakaan, di ADP saya sempat menjadi Sekretaris.
Saya ingin menjadi sosok mandiri dan bertanggung jawab. Saya bercita-cita nanti ingin menjadi Dosen yang amanah. Untuk mencapai cita-cita itu, dengan bersungguh-sungguh saya mempelajari materi yang diberikan dosen dan ,insya Allah, suatu hari bisa menjadi asisten dosen sebagai langkah awal.
Saya sangat berterima kasih kepada pihak STT-NF dan para donatur yang telah mendukung Beastudi ini. Semoga di tahun berikutnya Beastudi semakin bertambah, karena masih banyak siswa yang ingin berkuliah, namun berkekurangan dari segi ekonomi. Walaupun mereka memiliki prestasi. Saya hanya bisa berdoa agar para donatur selalu dilindungi oleh Allah SWT di manapun berada, selalu dilimpahkan kasih sayang-Nya, dan dilancarkan rezeki-Nya.
Orangtuaku pun mengucapkan terima kasih dan mendukung langkah yang saya lakukan untuk kuliah. Saya bertekad untuk membantu ekonomi keluarga. Itulah motivasi untuk membanggakan keluarga. Saya ingin menunjukkan bahwa tidak hanya orang mampu saja yang bisa kuliah. Allah Maha Adil, siswa yang berasal dari keluarga sangat berkekurangan dan biasa-biasa saja bisa ikut kuliah. Dengan kuliah, saya berani bermimpi untuk masa depan yang lebih baik. Semoga saya dan teman-teman seperjuangan bisa sama-sama meraih masa depan yang lebih cerah.

Nama : Nur Baiti Fitriana
Hobi : Membaca dan Traveling
Twitter : @NurbaitiFitri
Facebook : Nurbaiti Fitriana
Email : fitriananurbaiti@yahoo.com
Blog : nurbaitifitriana.blogspot.com


Sumber : http://nurulfikri.ac.id/index.php/kisah-curhat/item/515-berani-bermimpi-meraih-cita-cita




























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar