Kamis, 05 Februari 2015

Cara Mudah Kelola Cloud Computing Sendiri

Cara Mudah Kelola Cloud Computing Sendiri
Selama beberapa tahun terakhir, Cloud Computing adalah teknologi yang banyak dibicarakan di kalangan pegiat TI. Lembaga-lembaga besar hampir semuanya mengadopsi penerapan komputasi awan ke dalam sistem komputerisasi mereka. Misalnya saja CERN, laboratorium nuklir yang terkenal di Eropa, menggunakan OpenStack untuk mengelola infrastruktur TI mereka. Beberapa proyek open source yang berkaitan dengan komputasi awan juga telah tersedia seperti ownCloud, OpenStack dll.
Menyiapkan dan mengelola infrastruktur cloud computing menjadikan tantangan tersendiri, terutama dalam masalah teknis dan penyiapan sistem keamanannya. Baru-baru ini santer terdengar berita tentang perusahaan Sony yang mendapatkan serangan hacking yang sangat merugikan. Kasus itu memberi pengetahuan tentang pentingnya penerapan keamanan sistem karena dampaknya yang begitu dahsyat.
Mengenal Virtkick
Virtkick adalah perangkat baru untuk pengelolaan infrastruktur TI berbasis komputasi awan. Perangkat ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi pengguna awam untuk menciptakan cloud computing sendiri dengan tetap memperhatikan aspek privasi dan keamanan. Pendiri Virtkick mengklaim perangkat ini mudah diinstal dan digunakan. Dengan menghosting infrastruktur cloud computing di server sendiri, penggunanya dapat memastikan siapa saja yang boleh mengakses ke sana. Untuk mendownloadnya tersedia di sini https://github.com/virtkick/virtkick-starter#virtkick-take-cloud-back.
Cloud computing sebenarnya jaringan komputer yang saling bekerjasama untuk memberikan layanan pada penggunanya, namun seolah-olah dia berinteraksi dengan satu mesin saja. Untuk memahami hal tersebut, Anda bisa membayangkan tiga lapisan. Pertama perangkat keras (server yang sebenarnya), kedua lapisan virtualisasi (lapisan yang menciptakan ilusi), dan ketiga lapisan perangkat lunak (software seperti ownCloud) yang berinteraksi dengan pengguna.
Dalam konteks penerapan Virtkick, perangkat ini adalah lapisan kedua dalam ilustrasi di atas. Tapi lebih dari itu Virtkick tidak hanya membantu dalam virtualisasi perangkat keras saja, namun juga berfungsi sebagai panel untuk mengelola mesin virtual yang berbeda agar penggunanya lebih sederhana dan mudah untuk melakukan pengelolaan. Anda dapat menyaksikan video demonya di sini https://alpha.virtkick.io/machines.
Virtkick juga dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Virtual Private Server (VPS) dan profesional data center, pengelolanya dapat menjual mesin virtual secara komersil.
Sejak diluncurkan 29 Oktober 2014 lalu, VirtKick telah menerima 1.000 pelanggan email, didownload 800 user, dan dilirik 15.000 pengunjung. Selain itu proyek ini jadi contoh sukses galang donasi secara online karena mereka mampu mengumpulkan donasi sebanyak $22.216 dalam waktu singkat. (Nurbaiti Fitriana)
Sumber : http://nurulfikri.ac.id/index.php/artikel/item/554-cara-mudah-kelola-cloud-computing-sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar