Senin, 30 Januari 2017

Hati-hati Pakai Laptop Di Atas Kasur!

 Laptop merupakan sebuah sistem komputer yang portabel. Dengan memakai laptop, kita bisa berpindah-pindah lokasi untuk menggunakan sistem komputer ini. Mulai dari rumah ke kantor, lalu ke kafe, kita bisa bersama terus dengan laptop kita.

 Meski bisa dibawa pindah-pindah ke banyak tempat, rupanya ada beberapa tempat yang tidak bisa kita pakai untuk menaruh laptop. Salah satunya adalah di atas kasur. Penasaran alasannya?

1. Membuat Sirkulasi Panas Laptop Tidak Lancar



  Alasan yang pertama adalah sirkulasi panas laptop tidak lancar saat di atas kasur. Banyak model laptop mempergunakan bagian bawah laptop sebagai intake untuk ventilasi udara. Karena permukaan kasur yang tidak rata kerap kali menutup lubang ventilasi udara tersebut.

  Akibatnya memang laptop kamu tidak akan langsung rusak begitu saja. Tapi hal ini dapat dipastikan akan membuat laptop kamu cepat rusak. Penyebabnya sudah jelas, yaitu karena panas berlebih.


2. Membuat Hard Disk Terguncang




  Alasan selanjutnya adalah karena membuat hard disk berguncang. Hard disk cara kerja dasarnya adalah sebuah piringan seperti CD atau DVD yang berputar dengan sangat cepat. Karena permukaan kasur yang empuk, hal ini akan sering membuat laptop berguncang.

  Dengan begitu, tentu akan membuat hard disk kamu juga ikut berguncang. Karena guncangan hard disk, besar kemungkinan piringan hard disk kamu menjadi tidak stabil dan lecet. Akibatnya hard disk kamu akan menjadi cepat rusak, bahkan rusak total.


3. Papan Ketik Laptop Menjadi Tidak Nyaman (Opsional)

 Alasan terakhir adalah kamu tidak akan bisa melakukan pengetikan secara maksimal. Pada dasarnya memang sebuah laptop didesain untuk digunakan dalam posisi duduk seperti sebuah komputer pada umumnya.

 Selain karena alasan posisi pengetikan kamu yang sambil tiduran, juga karena permukaan kasur yang empukmembuat keyboard laptop berguncang. Dengan demikian, akan membuat kamu sulit berkoordinasi dengan tiap tombolnya.



Solusi Apabila Terpaksa Harus Pakai Laptop Di Atas Kasur

  
Apabila ada suatu kondisi yang memaksa kamu untuk memakai laptop di atas kasur, kamu bisa memakai meja kecil portabel. Dengan memakai alat tersebut, kamu bisa mengatasi kemungkinan nomor 1.


  Untuk mengatasi kemungkinan nomor 2, kamu bisa mengganti hard disk kamu dengan SSD. Memiliki fungsi yang pada dasarnya sama, namun SSD sudah tidak mempergunakan sistem piringan berputar lagi. SSD sudah menggunakan flash memory yang anti getaran.

 Meski memakai meja kecil portabel dan SSD, ini tidak akan mengatasi masalah nomor 3. Karena dudukan meja kecil portabel akan tetap berada di atas kasur dan mengguncang keyboard laptop. Satu-satunya cara adalah dengan mengusahakan agar kamu tidak banyak bergerak.

 Nah, itulah barusan alasan mengapa kamu sebaiknya tidak memakai laptop di atas kasur. Semoga bermanfaat yaa kawan:)

 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar