Senin, 30 Januari 2017

Tips Mengamankan Akun Sosial Media

1. Jangan Sembarangan Konek Wifi

 Terhubungan dengan jaringan WiFi memang jadi cara tepat untuk hemat kuota. Tapi, tidak semua koneksi WiFi itu aman. Salah-salah, malah isi percakapan dan data penting di smartphone kamu bisa dicuri hacker! Jadi, jangan asal konek WiFi di tempat umum ya.


2. Buat Password Minimal 12 Karakter
  
  Menurut OurMine Team, password Mark Zuckerberg untuk beberapa akun sosial medianya adalah "dadada". Ini menunjukan bahwa sekelas CEO Facebook pun masih menggunakan password yang mudah untuk diretas. Apa kamu juga menggunakan password ringan seperti itu?


Karakter Password
 Luangkan waktu untuk membuat pasword yang panjang agar kuat. Buatlah password minimal 12 karakter. Oh iya, kamu bisa baca daftar password yang paling sering dipakai dengan mencari "1000 Password Paling 'Pasaran' di 2016" untuk jadi patokan agar tidak menggunakannya sebagai password akun sosial mediamu.

3. Gunakan Kombinasi Karakter Khusus.

  Selain hanya 6 karakter huruf, password "dadada" yang digunakan oleh akun Twitter lama Mark Zuckerberg mudah di-hack karena tidak diselingi karakter khusus. Tanpa adanya karakter khusus di password sosial media kamu, hacker bisa menggunakan cara "Dictionary Attack" atau menggunakan kata-kata di kamus untuk meretas password milikmu.


 Bisa juuga gunakan kombinasi huruf upper case dan lower case, angka, dan karakter khusus seperti @, %, ^, &, atau ***** untuk membuat password yang kuat dan anti hacker

4. Beda Akun, Beda Password




 Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun sosial media kamu. Satu akun sosial media atau email, satu password khusus.

5. Jangan Gunakan Nama dan Tanggal Lahir sebagai Password

  Sangat disarankan tidak menyimpan tanggal lahir lengkap di Facebook atau akun sosial media kamu, lalu menggunakannya sebagai password. Karena ini tentu akan memudahkan hacker meretas akun sosial media milikmu. Plus, jangan pernah gunakan nama pasangan atau nama siapapun sebagai password. Jangan!

 6. Gunakan Password Manager

  Bagi kebanyakan orang, menggunakan password yang sama untuk berbagai sosial media itu tujuannya agar mudah diingat. Jika memang kamu adalah pengguna yang mudah lupa jika harus mengingat banyak password, coba gunakan bantuan aplikasi password manager seperti Dashlane atau Lastpass.

 
Aplikasi Dashlane dan Lastpass


 Dashlane, LastPass, dan aplikasi password manager lainnya akan memudahkan kamu dalam mengelola banyak password. Dengan bantuan Dashlane, setiap kali kamu hendak login sosial media, kamu gak perlu lagi ribet-ribet masukan password secara manual.


7. Selalu Hapus Cache

Hapus Cache

 Saat berada di depan laptop, chatting dan menggunakan media sosial lebih seru pake komputer bukan? Agar password akun sosial media dan aplikasi chatting kamu selalu aman, selalu hapus cache browser kamu setelah selesai menggunakannya. Karena banyak hacker yang memanfaatkan cache dan cookie browser untuk meretas akun sosial media pengguna browser. Semoga mencoba kawan:)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar