Senin, 29 Juni 2015

Android M vs Android Lollipop: Apa Fitur yang Menarik dan Apa Perubahannya?



Google akhirnya menghadirkan Android M di konperensi Google I/O 2015. Sementara Android 5.0 Lollipop telah diperkenalkan sebelumnya sebagai antarmuka dan desain baru, Android 6.0 dengan nama kode 'Android M,' sekarang merupakan rilis OS yang paling powerfull dengan beberapa perbaikan Platform. Berikut ini merupakan rincian perubahan fitur Android M dibandingkan dengan Android 5.0 Lollipop.

Battery Life

Dengan Proyek Volta dari Android Lollipop, Google mengutamakan alasan untuk masa hidup baterei yang lebih lama. Android M akan menampilkan fungsi hemat baterai baru yang dikenal sebagai 'Doze', yang menggunakan deteksi gerak untuk melihat: apakah perangkat telah ditinggalkan untuk waktu yang lama dan akan berhenti update real-time selama periode itu. Doze untuk sementara tidak membutuhkan bateri dan aplikasi. Dibandingkan dengan Android Lollipop, Google mengklaim Doze menghemat baterai dua kali lebih baik pada modus siaga Android M.
Dukungan sensor sidik jari
Android M juga membawa otentikasi sidik jari untuk aplikasi individu. Fitur baru ini akan memungkinkan pengembang aplikasi mengintegrasikan pembayaran sidik jari dan mengunci sistem ke dalam program Google untuk standar dukungan melalui sensor sidik jari.

Android Pay

Android M membawa versi terbaru dari Android Pay, yang memungkinkan pembelian dengan sidik jari yang dipindai lebih NFC, seperti saingan Apple Pay. Android Pay menciptakan sejumlah virtual account khusus untuk setiap metode pembayaran untuk melindungi rincian kartu selalu, dari para pengecer.

Hak akses aplikasi

Sekarang ada cara yang terintegrasi untuk mengelola hak akses aplikasi dengan Android M. Di Android Lollipop, pengguna harus mengkonfirmasi izin aplikasi dahulu untuk melakukan download aplikasi dari Play Store. Namun setelah pengguna mengklik 'ok', tidak ada cara untuk kembali dan mengubah pengaturan izin kecuali melalui instalasi ulang. Namun, Android M membawa pilihan dalam Pengaturan menu yang memungkinkan kontrol dan mengubah informasi bahwa setiap aplikasi dapat digunakan. Sekarang izin aplikasi akan mengizinkan Anda beralih atau menonaktifkan akses ke informasi seperti kamera, kontak, identitas, lokasi, dan media.

Pengembangan menarik lainnya

Android M memiliki sebuah aplikasi yang memungkinkan mengelola aplikasi yang diinstal menjadi lebih baik. Sekarang ada scroll abjad pada sisi kiri dan bar di sepanjang bagian atas yang mengandung empat aplikasi yang paling baru untuk dibuka. Android M menempatkan fungsi pencarian di pojok kanan atas.
Android Lollipop memberikan informasi rinci tentang jumlah RAM pada masing-masing aplikasi yang digunakan. Android M sekarang menampilkan dua bidang baru, yang memberikan informasi pada pengguna mengenai penggunaan RAM maksimum dan rata-rata dari sebuah aplikasi.
Untuk pengguna yang tidak ingin melihat kesalahan karena memori internal penuh, Android M sekarang memungkinkan format kartu micro SD sehingga sistem akan memperlakukannya sebagai memori internal. Hal ini juga memungkinkan instalasi aplikasi langsung ke kartu micro SD.

(Muhammad Agus)

Sumber : http://www.techtimes.com/articles/56663/20150530/android-m-vs-android-lollipop-what-are-the-sweet-new-features-and-changes.htm

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar