Senin, 29 Juni 2015

Welcome to wearable device era!

 

Sudah pernah lihat timeline social media Anda seperti Path, Twitter, dan Facebook penuh dengan status, "I just ran sekian km with Nike+ ?" Seolah-olah Anda adalah personal trainer yang harus tahu perkembangan hasil lari dari mereka. Produk Nike+ merupakan salah satu device activity tracker yang cukup populer. Dengan menggunakan sensor yang disematkan di dalam sepatu Nike dan akan mengirimkan seluruh aktivitas dari pergerakan langkah kaki kita, Nike+ digunakan untuk mengukur jarak, waktu, jumlah kalori yang dibakar, hingga rute lari dan kemudian dikirimkan ke perangkat lain seperti smartphone atau komputer untuk kemudian dianalisis dan hasilnya bisa di-share melalui social media.
Bentuk dari wearable device pun semakin beragam, dari mulai jam tangan, gelang, kalung, sepatu, hingga bentuk kacamata yang tampak keren saat dipakai. Google Glass merupakan salah satu contoh bentuk wearable device dalam bentuk kacamata. Perangkat yang diluncurkan pada 2013 oleh Google Inc ini masih dalam bentuk pengembangan. Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Google Glass ini dari mulai memotret hingga merekam video, hingga melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh smartphone seperti mengirim pesan singkat, menelpon, dan melakukan browsing.
Beberapa produsen mulai meluncurkan smart watch sebagai tanda dimulainya era wearable device. Samsung dengan Samsung Gear Smartwatch nya, Apple dengan Apple watch dan banyak produsen teknologi berlomba mengembangkan dan memproduksi jam tangan pintar yang bisa melakukan banyak hal seperti ponsel pintar. Beberapa produsen asal Tiongkok seperti Xiaomi, Huawei, dan ZTE dikabarkan sudah mulai mengembangkan perangkat wearable device dengan harga yang lebih terjangkau.
The iResearch Consulting Group memperkirakan bahwa sekitar 40 juta wearable device akan terjual di negara itu pada 2015 dan bernilai sekitar 11,49 miliar Yuan, naik dari 610 juta Yuan pada 2012. Riset itu mengatakan bahwa wearable device menunjukkan potensi pasar yang tinggi.

Penulis:

Tri Setyo Nugroho
Mahasiswa Teknik Informatika STT Nurul Fikr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar